Langsung ke konten utama

Ternyata Tak Seberapa

Ternyata Tak Seberapa

Oleh: Aidi Kamil Baihaki

Sepupuku, Rina menangis meraung tak terkendali. Sesekali memukul-mukul lantai dengan keras. Nyaris lupa diri.

Sebagian orang ikut menangis karena iba, sebagian lainnya berusaha menenangkannya, tapi tidak berhasil.

Akhirnya kami biarkan dia melampiaskan emosinya sampai tuntas. 

Sikap Rina tidak berlebihan. Memang tak mudah menerima kenyataan bahwa ibu yang sangat menyayangi dan begitu dekat dengannya tiba-tiba meninggal. 

Rina pulang dari Pesantren karena ditelpon Ayahnya. Katanya, ada urusan keluarga yang sangat penting. Sementara Ayahnya masih dalam perjalanan pulang dari Tuban.

Saat perempuan yang mereka kasihi dinaza’, mereka berdua sedang tidak disampingnya. 

Sengaja Rina tidak diberitahu yang sebenarnya, dikuatirkan dia akan mengalami hal di luar dugaan selama perjalanan pulang sendirian dengan naik bus.

Ibu Rina sebelumnya memang sakit, tapi tidak terlalu parah. Kondisinya tiba-tiba kritis dalam hitungan jam. 

Tidak ada yang menyangka bahwa dia akan meninggal secepat itu. 

Hampir 2 jam Rina meratapi kemalangannya. Akhirnya tubuhnya lemah kehabisan tenaga karena menangis. 

Saat aku mengira Rina sudah mulai tenang, barulah aku mendekatinya. 

Kuberikan isyarat agar orang-orang tidak terlalu berkerumun. Aku ingin berbicara dengan Rina tanpa orang lain yang ikut mendengarkan. 

“Kalau kamu masih menangis, menangislah!” bisikku. “Tapi jangan seperti tadi, seperti kesurupan.” 

“Kenapa Ibu meninggalkan aku, Om..” keluh Rina.

“Kenapa aku tidak diberitahu dan tidak disuruh pulang saat Ibu sedang parah-parahnya sakit?” 

“Bukan begitu, Ibumu tadi pagi masih sempat menyapu di halaman. Kami tidak menyangka itu menjadi terakhir kali Ibumu bersih-bersih.” 

“Kenapa nasibku begini, Om? Aku sudah rajin shalat dan berdoa, tapi kenapa masih begini?” Rina terisak lagi. 

Tiba-tiba aku teringat Nita, teman Rina waktu masih SD. Seminggu yang lalu ayah dan ibunya meninggal karena kecelakaan. 

Awalnya Nita juga demikian. Merutuk, meraung, berteriak, tidak terima kenyataan. Sekarang, seiring berjalannya waktu, Nita sudah lebih baik. 

“Rin... Kamu merasa menjadi anak paling sedih? Paling malang?” Tanyaku. 

Rina tak menyahut, dan itu kuartikan sebagai mengiyakan. 

Aku keluar mencari Nita yang tadi sempat kulihat berada di teras. 

Nita kuminta ikut, masuk ke kamar Rina. Di dalam kamar itu kami bertiga. 

“Nita, tolong katakan pada Rina.. mana yang lebih pedih, kehilangan ibu ataukah kehilangan ayah dan ibu sekaligus?” Ujarku. 

Rina terkejut! 

Dia menoleh pada Nita yang matanya sembab sejak tadi. Merasa ikut prihatin atas musibah keluarga Rina. 

Karena Nita malah sesenggukan, kuceritakan nasibnya pada Rina. 

“Jika kematian orang tua adalah kemalangan, maka Nita lah yang paling malang!” Kataku akhirnya.

Rina menghambur memeluk Nita. Keduanya menangis! Tapi kemudian mereka saling menguatkan. 

Sepertinya Rina mulai sadar bahwa kemalangannya tidak seberapa dibandingkan dengan kemalangan Nita. Bukan berarti harus mensyukuri musibah yang menimpanya, tapi ia harus kuat dan memantapkan hati bahwa dirinya bukanlah orang yang paling malang. 

Masih banyak anak-anak lain yang jauh kurang beruntung. 

Tuhan sudah menakarnya. Jika bersabar, maka akan ada keberuntungan sebagai balasan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Galeri Ramadhan

Pondok Ramadlan SDN 3 Buduan 30 Maret 2023  SDN 3 Buduan Suboh, yang awalnya merencanakan akan melakukan kegiatan Pondok Ramadhan pada tanggal 17-19 April 2023, sesuai anjuran Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo, akhirnya memajukan pelaksanaan pada hari ini, Kamis 30 Maret hingga 2 April 2023. Bpk. Abdi Rasa menjadi ketua panitia kegiatan Pondok Ramadhan karena beliau adalah guru PAI di sekolah ini. Sekretaris kegiatan adalah Bpk. Lutfi Aziz, dan bendahara adalah Bpk. Aidi Kamil Baihaki. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan seremonial pembukaan kegiatan, dipimpin oleh Ibu Rumiyati selaku kepala sekolah SDN 3 Buduan, dan doa dipimpin oleh Bpk. Lutfi Azis. Berlanjut dengan pemberian  wawasan tentang materi puasa, oleh Bpk. Abdi Rasa. Selesai materi di kelas, siswa melaksanakan tadarrus Al-Qur'an dengan dibagi menjadi kelompok putera dan kelompok puteri. Setiap siswa membaca 4 ayat dari Al-Qur'an secara bergantian. Teman yang la...

Totalitas Kebaikan

Totalitas Kebaikan Oleh: Aidi Kamil Baihaki   Bayangkan, ada seseorang yang tidak kita kenal, tiba-tiba datang menghiba minta pertolongan yang berkaitan dengan keuangan. Apa jawaban anda?  Hampir semua jawaban akan mengatakan kita harus lebih dulu mencari tahu apakah orang itu benar-benar patut dibantu atau tidak. Kalau perlu diinterogasi. Tak jarang juga kita malah serta merta menolak. Dulu, saya juga pernah memilih bersikap seperti itu. Berbuat baik pada seseorang karena mengenal orang tersebut. Baik itu karena mengenalnya sendiri atau juga berkat rekomendasi orang lain.  Kenapa ada sedikit persyaratan bahwa bantuan itu sebaiknya diberikan pada orang yang kita kenal?  Pernah saya berpikir bahwa normal saja jika kita membantu seseorang dan berharap orang tersebut terus mengingat kebaikan itu, hingga suatu saat dia akan membalas hutangnya pada kita. Tapi sungguh mengecewakan, orang itu seakan melupakan kebaikan kita.  Timbul pikiran, untuk apa berbuat baik terha...

Perkalian Bersusun

Kali ini, maksud saya tadi pagi di sekolah, saya mengetes kemampuan siswa dalam perkalian bersusun. Sungguh mengenaskan! Tak ada satu pun siswa yang bisa melakukan penghitungan perkalian cara bersusun. Nampaknya tugas kali ini menjadi berat. Bagaimana saya bisa mengajarkan Matematika kelas 5 jika materi kelas 4 belum dikuasai? Hari ini ada siswa yang baru bersekolah, kemaren-kemaren dia dalam kondisi baru dikhitan. Renandra, dipanggil Nanda. Tetapi di saat yang sama, ada dua siswa yang tidak ke sekolah: Dila dan Dinar. Hafalan perkalian sudah sampai bilangan 6, tapi belum semuanya berhasil menghafal. Jadi besok sebagian siswa dites perkalian 7, dan sebagian lagi dites perkalian 6. Saya merenung sebentar. Memang kemampuan siswa di daerah gunung dengan di daerah bawah sama saja. Faktor lingkungan tidak banyak berpengaruh. Guru tetap paling dominan memberikan andil dalam mengkonstruksi kemampuan siswa. Faktor keluarga dan lingkungan hanyalah sebagai pendukung. Sekunder. Sebelum pulang say...